Aman Di Bawah Sinar Mentari

 

Terlalu lama berada di bawah sinar matahari, tentu akan membuat kulit hitam dan kusam. Cegah proses penghitaman oleh sinar matahari, dengan menggunakan kosmetika yang mengandung SPF, atau anti UVA dan anti UVB.

clip_image001

Kosmetika yang mengandung SPF, menurut dr. Maria dari Natasha Skin Care, artinya mengandung zat pelindung dari sinar matahari.

Biasanya, besaran daya lindung ini dipakai istilah Sun Protection Factor (SPF). "Sun screen dan sunblock sebenarnya cuma istilah saja. Fungsi dan sifatnya sama, untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari."
Pada beberapa kosmetik seperti lotion, foundation, pelembap, moisturizer, bahkan lipstik biasanya tercantum besaran SPF ini. Misalnya SPF 15, SPF 36, SPF 50, dan lainnya. Istilah medisnya, ujar Maria, pembandingan besaran angka itu disebut dosis eritema minimal. "Artinya, besarnya energi sinar mahatari terkecil yang bisa menyebabkan kulit merah-merah."
Misalnya, jika kulit tanpa sun screen terkena sinar matahari selama 5 menit, akan langsung timbul merah-merah. Jika pakai pelembap SPF 15 atau SPF 18, tetap akan timbul kemerahan tapi dengan waktu lebih lama (jika 5 menit: 15 atau 18 x 5, hasilnya adalah durasi bagi kulit mulai memerah). Sehingga, fungsi SPF ini bisa lebih memperlama proses kemerahan pada kulit.

0 komentar:

Copyright © 2009 - Tangan Indah - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template